Saya mau cerita sedikit tentang Batam, Kawan.

batam11Bagi yang pernah menetap atau pun sekedar singgah menikmati teh obeng di pulau dengan luas 715 km2 ini, anggap saja cerita kecil ini sebagai kutipan kenangan. Entah itu kenangan semanis madu, atau sepahit kopi tiam tanpa gulanya.

Bagi yang belum singgah, atau baru berencana mengunjungi Batam, mungkin ini sebagai referensi kecil yang bisa mengintip sebagian aroma pulau ini. Entah itu aroma harum kasturi atau aroma busuk.

Letak pulau ini memang tak seberapa jauh dengan negara tetangga kita, Singapura. Bahkan kita bisa menatap kerlip mewahnya Singapura dari puncak Bukit Senyum di malam hari.

Luas Singapura pun hampir seluas pulau Batam, 699 km2. Semuanya hampir mirip. Tapi bila kita membandingkan kemajuan dua pulau kecil ini, amat jauh bedanya Kawan.

Kenapa Kawan, kamu tau jawabannya ?

Entahlah, aku pun tidak pernah menemukan jawaban atas jauhnya perbedaan ini. Padahal hampir semuanya mirip. Luas pulaunya mirip, kondisi iklimnya, letak topografinya, letak geografisnya, sampai ke fisik orangnya, hampir mirip. Tak jauh berbeda.
Bahkan, orang Singapura kalau diakhir pekan suka melancong dan belanja cemilan di Batam. Sama persisnya, dengan kebiasaan orang Batam ( dan orang Indonesia lainnya ) yang melancong ke Singapura hanya sekedar untuk membeli kaos oblong bergambar singa dan makan nasi Padang.

Cobalah nongkrong di Mega Mall, Batam Centre di hari Sabtu atau hari Minggu. Akan kamu jumpai orang – orang Singapura memborong kaos oblong bikinan Indonesia, anak mudanya main TimeZone, antri memborong J.Co donuts, dan kegiatan akhir pekan lainnya.

Sama persis kan ?

Tapi kenapa Singapura begitu megah dan gemerlap, sementara Batam masih kisruh memperebutkan tarif listrik, lahan sempit, permukiman liar, dan segudang masalah sosial lainnya.

Dulu, tahun 60-an, suasana Singapura juga mirip suasana Batam tahun 60-an. Sama – sama mirip hutan belantara dengan segudang persoalannya. Tapi memasuki tahun 2009, suasana keduanya sangat beda. Singapura berhias gedung bertingkat gemerlap, Batam berhias rumah liar temaram.

Entahlah Kawan, mari kita nikmati kerlip indah Singapura dari sebuah rumah liar temaram di atas Bukit Senyum, Batu Ampar.

Iklan